Senin, 25 Juli 2016

PENCIPTAAN MANUSIA





(Dan ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.(QS.15 Al Hijr 28)

Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya,  dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan) Ku,  maka tunduklah  kamu kepadanya  dengan   bersujud. (QS.15 Al Hijr 29) 

Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam (tubuh) nya roh (ciptaan) -Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur. (QS. 32 As sajdah 9)

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya,  dan Kami lebih dekat kepadanya  dari  pada urat l ehernya, (QS. 50 Qaaf 16)

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS.2  Albaqarah 186)

Katakanlah: "Jika kamu menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu melahirkannya, pasti Allah mengetahui." Allah mengetahui apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi.  Dan  Allah  Maha  Kuasa  atas  segala  sesuatu.  (QS. 3 Ali Imran 29)

Ini adalah sebuah kitab yang diturunkan kepadamu, maka janganlah ada kesempitan di dalam dadamu karenanya, supaya kamu memberi peringatan dengan kitab itu (kepada orang kafir), dan menjadi pelajaran bagi orang-orang yang beriman. (QS. 7 Al A'raaf 2)

Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya). 
 (QS. 7 Al A'raaf 2)

(Allah berfirman): "Inilah kitab (catatan) Kami yang menuturkan terhadapmu dengan benar. Sesungguhnya Kami telah menyuruh mencatat apa yang telah kamu kerjakan."
 (QS. 45 Al Jaatsiyah 29 )

Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.
(QS. 4 An Nisaa 58 )

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya 
(QS. 4 An Nisaa 59 )

Dan barang siapa yang menaati Allah dan Rasul (Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang shaleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. (QS. 4 An Nisaa 69 )

Yang demikian itu adalah karunia dari Allah, dan Allah cukup mengetahui. 
(QS. 4 An Nisaa 70 )



PENGHAMBAAN  MANUSIA

Ini adalah sebuah kitab yang diturunkan kepadamu, maka janganlah ada kesempitan didalam dadamu karenanya, supaya kamu memberi peringatan dengan kitab itu, dan menjadi pelajaran bagi orang-orang yang beriman. ( 7 Al Araaf 2 ).

Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya. Amat sedikit kamu mengambil pelajaran.(7 Al Araaf 3).

Allah Berfirman "Inilah kitab  Kami yang menuturkan terhadapmu dengan benar. Sesungguhnya  Kami  telah   menyuruh   mencatat  apa  yang  telah  kamu   kerjakan.  ( 45 Aljaatsiah 29 )

 Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-bainya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.  ( 4 An Nisaa 58 )

Hai Orang-orang yang beriman, ta'atilah Allah dan ta'atilah Rasul, dan ulil amri diantara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah dan Rasul, jika  kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama dan lebih baik akibatnya.( 4 An Nisaa 59 )

Dan barang siapa yang menta'ati Allah dan Rasul, mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang  yang di anugrahi ni'mat oleh Allah, yaitu : Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. ( 4 An Nisaa 69 )

Yang demikian itu adalah karunia dari Allah, dan Allah cukup mengetahui.  (AnNisaa 70).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar